2.27.2008

Ayat ayat cinta



Ini film udah ditunggu dari jaman baheula sebetulnya. 19 Desember 2007 katanya bakalan pertama diputer. Trus molor sampe katanya awal Januari, akhir Januari, februari awal..sampe yah hari minggu kemaren deh saya akhirnya nonton filmnya di XXI Senayan City.Banyak hal2 yang buat penayangan AAC jadi molor. Mampir deh ke situsnya hanung kalau pengen tau kenapa.

AAC ini sebelum diputer dan setelah diputer banyak banget kontoversinya, mas yang satu ini terang2an kontra sama AAC even dia belom nonton filmnya, juga banyak yang menyayangkan kenapa novel sebagus AAC dibuat film, Trus para Ikhwah (kalian tau siapa),yang dikenal pecinta kang abik dan karya2nya juga bersikap setengah setengah, penasaran sama filmnya cuman emoh ke bioskop coz kata mereka subhat (ya ga?). Thats why ketika filmnya keluar cuman belom mampir bioskop, beredar dvd bajakan dari film AAC. Ada rumor yang bilang kalo yang banyak mengkonsumsi DVD tersebut adalah ya mereka-mereka itu (no hard feeling, that's only rumour). Menurut saya sih, menghindari yang subhat tapi mengambil jalan tidak halal bukan solusi yang bagus kan ya??, well, maybe they have second thought bout that. Makanya, karena hal2 yang saya sebut diatas tadi, siapa si yang ga penasaran untuk nonton AAC??. Raise ur hand!!

Overall kalau menurut saya film ini sangat layak tonton. Tapi ada satu perkara yang mesti diinget. Jangan bandingin sama novel, karena bakalan beda dan kecewa. Apalagi kalo mikirin hal hal syar'i seperti pemerannya bukan muhrim, film itu haram, ada adegan "buat deg2 an". Yah lebih baik jangan ditonton. Karena bakalan misuh misuh sendiri dan protes kemana-mana. Coba deh nonton dari kacamata orang biasa. Orang2 yang menganggap agama adalah sebuah kewajiban dan ritual tanpa pake feeling. Film ini bisa menjadi bahan perenungan bahkan pencerahan buat mereka. Malah adegan poligaminya bisa menjadi suatu hal yang membuat kita mikir "kalo cowo seperti fahri emang ga cukup istrinya cuman satu". Even tetep kita bakal mikir yang namanya poligami --in the right way-- sekalipun, bakalan susah buat dijalanain.


Dari segi teknis, film ini bisa dibilang bagus. Setting tempatnya bisa buat gw percaya kalo itu di timur tengah, juga dari segi editing, gambar, suara, musik, kostum bahkan. Semuanya dikerjain dengan appropriate way. Ceritanya meski ringkas, tapi tetep bisa diikutin. Pemilihan karakternya juga cukup oke, Fedi nuril masi aga kaku di beberapa adegan kaya pas dia ngomong "cepet panggil suster", itu aga ganggu ya, ehehehhe. tapi adegan dia nangis tuh paten deh, saya aja ampe melting pas ngeliat. tatapan cinta dan mesra fahri sama istri2nya juga lumayan bikin mupeng. Pemain yang lain pun oke. Saya seneng sama nurul, penampilannya bener2 kaya akhwat disini, kumel dan sedikit lusuh (Upss yang berasa akhwat, dont take it too hard, coz i do "dandan" kaya gitu, ehehhehe). Si maria cantik banget, Aisha juga boleh lah..bener2 keliatan kaya akwhat tajir yang spoil dan jealousan.


Kalo ceritanya sendiri dah tau kan, tentang fahri, mahasiswa indonesia yang s2 di Al Azhar mesir, punya tetangga kristen koptik bernama Maria, menyelamatkan gadis bau kencur Noura (ntar noura jadi suka), punya "crush" bernama nurul, dan akhirnya ketemu si mata Indah Aisha. Ceritanya muter2 situ deh..(keliatan banget males nyeritain, pereview macam apa lo din). Karena dah baca novelnya, pas nonton saya ga pake mikir lagi kenapa si ini begini, si itu begitu. Cuman karena ini film kaya ngeringkas novelnya, mendingan yang belom nonton baca dulu novelnya, biar lebih ngerti.

Yang seru tuh setengah jam terakhir, ada cerita yang gak ada di novel dan kayanya ada di film biar lebih komersil. Banyak yang menyayangkan kenapa bisa ada cerita tambahan itu. Soalnya jadi aga ngerubah cerita yang harusnya udah selesai. Kalo saya terus terang enjoy ngeliat setengah jam terakhir itu. Abis lucu sekalian dalem sih. saya ga mau spoiler, nonton aja dulu ya, eheheheh

Jadi intinya, film buatan hanung ini bagus, asal ga cerewet ngebandingin sama novel dan syar'i aja. trus saran, kalo bisa yang belom nonton jangan nonton lewat DVD bajakan ya. Film Indo gitu...hargai sedikit karya anak negeri. Kalo emang punya prinsip ga mau nonton bioskop, Jangan lewat jalan alternatif bajakan. Mending nungguin tayang di TV atau nanti pas keluar DVD originalnya. Begitu.. okeh, salam peace love and gaul ya

7 komen gitu deh:

RinaFitri said...

gue termasuk orang yang antara mau nonton dan males nonton.. gimana tu?

Dimpul said...

kalo menurut gw don, nonton aja. Ini bukan film sampah kok.

Anonymous said...

sore hari, tiba-tiba di'paksa' mampir ke sebuah blogspot yg baru aja berdiri. eh ada ulasan AAC.
jujur nih, bukan ngbandingin sama novel. tapi Om hanung kurang sukses, sepertinya sibuk dengan urusan birokrasi, adm, pemain, lokasi dan PH. doi jadi kurang fokus ngebangun cerita. gak musti sama kaya novel, tapi yg penting ceritanya mengalir. menurutku tidak mengalir. belum nemu sutradara yg mahir ngadaptasi novel! (kec, mungkin 'cabaukan' ibu nia, cukup pas ngadaptasi novelnya), peace yo!!

Dimpul said...

Udah liat juga da filmnya??, hahaha si om hanung dah stress duluan kali ya gara2 banyak masalah itu. Makanya, bagian yang paling menarik menurut gw malah bagian yang ga ada di novelnya, jadi si hanung bisa improvisasi seenak enaknya. Kalo yang depannya, masih mengalir menurut gw da, cuman terlalu ringkas aja. Jadinya kurang puas gitu

RinaFitri said...

gue sendiri tanpa paksaan SangKekasih, sepertinya tidak akan menonton film ini.. hanya saja.. seperti SiPacar mau nonton..

Anonymous said...

yoi udah, gimana yah, bagian pertama rasanya kaya scene 'templok', seperti comot sana, visual, comot sini, visual. according his journal, Doi gak mau bikin fahri se'sempurna' novel. gak masalah,tapi jadinya dia kurang bercerita. ringkas juga gakpapa, asal peng'adegan'nya halus. (sok tau bgt yah). yah namanya juga belajar, gak ada gading yg retak yah? -next time better-

Anonymous said...

haha,, sepertinya AAC ini begitu membekas di hatimu din,,
cepet cari,, stok 'Fahri' lain di pasaran mulai menipis!!
btw,,ini toh blog anyar lo...selamat-selamat!! dan semoga sukses, hehehe..