2.28.2008

For The Greater Good

Frase ini sering saya denger kalo lagi nonton film superhero. Walaupun ga keucap itu kalimat sering saya simpulkan sendiri. MIsal di film X-men yang terakhir. Si Logan alias wolverine sexy rela Jean Grey mati di tangan dia sendiri even si Logan itu cinta bengat sama Jean, karena satu2nya harapan supaya ga terjadi chaos lebih besar lagi didunia si Jean beserta kekuatannya yang nakutin itu harus musnah, dan satu2nya cara ya Logan mesti bunuh Jean by himself (wolverine ora iso mate), for the greater good.

Contoh lain yang paling oke itu di film heroes, Peter Petrelly rela dirinya dibunuh supaya dirinya tidak meledak dan buat kota NY hancur. For the greater good. Superman yang menghapus ingatan Louis Lane di Superman 2, dia lebih milih dikacangin sama LL waktu berwujud Clark Kent daripada LL terus khawatir sama doi yang notabene adalah superhero paling most wanted at that time. Lagi2, for the greater good. Dari film asia kita kenal infernal affair atau time between dog and wolf yang kisahnya mirip. Seorang polisi rela jadi mata2 mafia supaya rekan2nya bisa melacak dan nangkep gembong mafianya, walaupun hati nurani si polisi menderita dan nelangsa (bahasa lo din). Hhh... for the greater good.

Kalau saya nih, masih jauh ya dari kapasitas itu. Suatu waktu di salah satu kuis Facebook gw pernah ditanya gini. Lebih milih mana, 10000 orang mati atau saya yang mati?. Saya diem aja lo ga bisa jawab pertanyaan itu. APalagi yang dibilang mati itu adalah orang2 yang tidak saya kenal. Akhirnya saya jawab saya rela spaya hasil kusinya bagus. Cuman dalam hati si sebetulnya kalo kejadian beneran saya masih mikir-mikir kali. Huhuhu...emang ga bakat jadi superhero atau kawanan heroes itu.

Tapi kemudian saya mikir, for the greater good ga perlu diartiin macam jadi pahlawan atau superman. Artinya bisa lebih ringan cuman tetep deep. Kaya gini ni. Saya ini punya bos supeeerrrrrrr galak dan tegas. Dia bisa melihat kesalahan dalam kerjaan saya meskipun itu hanya salah menulis koma sebagai titik. Perfeksionis banget si. Saya beberapa kali berpikir untuk nyerah aja. Resign from that job. Apalagi kalo dari cerita2 sebelumnya, bos saya itu tidak pernah mecat orang, but orang2 yang milih berhenti karena ga tahan.

Si bos saya itu walaupun galak cuman dia pinter banget. Itu akhirnya yang menjadi alasan saya bertahan. Karena ilmunya banyak. Saya jadi belajar sama dia. Setiap satu kesalahan berarti 10 ilmu baru. Makanya kalau kerja sama beliau itu banyakan belajarnya, bukan kerja. kalau udah hopeless dan pengen resign saya jadi inget kalimat for the greater good. even saya gondok kalo dimarain, tapi kalo inget berapa banyak banyak ilmu yang saya dapet, dan membayangkan bahwa saya bisa berhasil seperti dia kalau saya bertahan. Saat itu saya bisa ketawa dan nikmatin lagi kerjaan saya. For the greater good din..for the greater good.. (sebetulnya tetep nangis dalem hati).