7.08.2008

I think that kids get bored and have intercourse --Juno--

Menurut penelitian dari Synovate Institute tentang perilaku seksual remaja di 4 kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan) tahun 2004, 44% responden mengaku udah pernah intercourse/having sex/ML. Wow...really huge number kalau menurut saya. Apakah itu beneran terjadi di negara Indonesia yang kata orang masih memegang norma ketimuran sangat kuat dan segala sesuatunya dikaitkan dengan Agama (dalam hal ini Islam sebagai agama mayoritas)???, beneran kejadian di negara yang kalo ada cewek half-naked masuk majalah trus redaksinya dilemparin batu??, Munafik banget!!!!
Dan yang buat saya lebih heran lagi. Melihat kenyataan udah kek gitu kok tindakan preventif supaya mereka nggak hamil dan nggak kena penyakit menular seksual (termasuk HIV) sama sekali nggak ada??, Apa karena takut kalo melakukan tindakan preventif berarti sama aja dianggap melegalkan seks bebas?. Wake Up!!!!! Udah kejadian bung..mereka udah aktif seksual, 44% gitu.., dan angka itu bisa aja lebih gede. Apalagi bagi mereka yang miskin dan hidup di jalanan, suruh mereka abstinence?? i don't think so..
Kenapa sih akses KB pada remaja itu nggak ada??, akses yang dapat mencegah mereka biar nggak mblendung dan gak jadi pesakitan akibat penyakit yg kata orang penyakit sosial??. Liat aja deh, susah ngebayangin liat anak remaja yang mau beli kondom di supermaket tanpa diliatin sinis sama orang-orang, udah gitu kalo mereka punya itikad baik dengan dateng ke rumah sakit atau puskesmas untuk periksa kesehatan reproduksi, hebat banget kalo gak pake diceramahin dulu sama petugas kesehatannya. Barrier untuk remaja yang sudah aktif seksual untuk tetap sehat tuh besar banget. Dan lagi-lagi masyarakat akan banyak komen
"lagian sih...udah tau dosa kok masi aja ngelakuin",
"dia hamil??, ah sukurin, lagian kok jadi perempuan nakal banget"
"Kena AIDS??, biarin aja bu, balesan dari yang di Atas tuh, kelakuan kok kayak gitu"
Dan saya juga menyayangkan, Depkes telah membuat modul tentang kespro remaja tapi masalah pencegahan kehamilan, KB, dan pilihan-pilihan kalo udah terlanjur hamil sama sekali nggak disinggung. Sasarannya kan remaja ya?, taroan deh, yang bakal nyari informasi seputar kespro tuh mereka yang udah pernah ngalamin "masalah" dengan kespronya a.k.a udah aktif seksual or sudah terjadi kehamilan, terus informasinya gak ada aja gitu? mereka mesti kemana dong?, ada usul nggak? (kok malah nanya)
Padahal kalo depkes dan semua pihak mau berbesar hati sama mereka yang sudah aktif seksual, prevalensi kehamilan tidak diinginkan, aborsi tidak aman, dan penyakit2 menular seksual dapat berkurang dengan significant lo.., Indonesia kan punya target combating HIV/AIDS taun 2015 (MDGs point 6)tuh, cuman di mulut ape gimane ni??, penyuluhan-penyuluhan supaya remaja gak berhub. seks sebelum nikah udah ga laku buat mereka pak!!, wong udah kejadian, percaya deh sama saya. Buat program yang lebih real dong... masukin kurikulum kespro di sekolahan kek, peraturan supaya tuh dokter-dokter lebih ramah remaja kek, apa kek..masa harus saya ajarin (najis lo kepedean, mereka baca blog lo aja enggak)
Ahahahha..kenapa saya jadi marah-marah sendiri, gara-gara DWP nih kemaren ngomongin kespro remaja, saya jadi ikut-ikutan ngomongin juga. Mudah2an bermanfaat deh. Yuk..

11 komen gitu deh:

RinaFitri said...

gue rasa, sebenarnya angka itu lebih besar deh din...

lagi juga, gue susah loh mo beli kondom,pil kb,spiral, dll

wakakakakakka... ada tempat yg gampang nemuin tuh barang?

Dimpul said...

ada don, di boker tempat kita dulu biasa ngeceng. Wakakakakkakaka

Anonymous said...

sebenernya gampang jg sih klo kondom nemuinnya Don,,,ky di minimarket gitu kan ada..

tp yaaa balik lg,,boro2 jd beli baru pegang barangnya aja (kondom, red) ud dipelototin orang satu minimarket (sok hiperbolis)

pisss

Dimpul said...

Lagian elo mau ngapain si Don beli kondom?? ehehhehehe..cowoklo bukannya jaduh. ehehhe kidding lo....canda buuu

RinaFitri said...

biasa... mangkal di boker.. hahahahahaha...

sialan lo...

btewei, kalo mo beli spiral, susuk, pil kb dll mesti ke bidan ya?

wakakakaka

Dimpul said...

Spiral ama susuk? bukan beli bu..cuman pasang. Lo beli dewek tapi kan mesti pasang ke bidan juga. Kalo pil di apotik juga ada,

mau ngapain si don? *penasaran mode: on*

Anonymous said...

"kalo mo beli spiral, susuk, pil kb dll mesti ke bidan ya?"

iya Don,,secara org awam kan gbs pk spiral n susuk,,hehehe mahal pula

RinaFitri said...

jaga-jaga supaya tidak terjadi kehamilan yg DIINGINkan.. loh kok???

hahahahahaha...

ya buat ga hamil lah din.. betewe, gue menemukan situs ini.. membantu ga???

www.telatbulan.com

anjritttt!!!

Dimpul said...

IYA GW JUGA NEMUUUU!!! ITU SITUS SUPER GILA!!!!!! parah ya don, gw udah compare itu obat2 di situs lain. Ga bener juga tuh, doi cuman jual terus kabur. Kalo di luar ada pengawasan dokter segala dan dikasi nomer hotline.

Tapi itulah, pemerintah ga aware akan kebutuhan masyarakat yg makin meningkat. Ck ck ck

Anonymous said...

aaaaahh gila tuh telatbulan dot kom

RinaFitri said...

anjritttt kan????

buseng deh!!!!


menurut lo gimana???

gue worry de banyak user tuh produk..

well... gimana din?